Berita Terkini
Bimbingan Teknis OSS RBA dan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) oleh DPMPTSP Provinsi Jawa Timur
Sosialisasi & Konsultasi terkait Perizinan Surat Keterangan Penelitian & Magang/PKL/KKN
Sosialisasi & Konsultasi terkait Perizinan Tenaga Penunjang Medis (Elektromedis-SIPE)
Sosialisasi Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Pengenalan Sentra Pelayanan Publik (SPP) Nambangan
Kunjungan Kerja dari Kementerian PANRB terkait FGD Implementasi Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya


Berita dan Artikel
Pemerintah Kota Surabaya Berpartisipasi Dalam Pameran Inovasi Pelayanan Publik Jatim 2023
- By -
- 24 November 2023

Pada Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik di halaman Jatim Park 3, Kota Batu, pada tanggal 23-25 November 2023, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) mempersembahkan beragam layanan dengan melibatkan 135 stan dari instansi-instansi seperti Kementerian PANRB, Ombudsman, rumah sakit, pemerintah kota dan kabupaten, BUMD, serta TNI Polri. Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, membuka acara dan memberikan penghargaan terkait pelayanan publik di wilayah tersebut.
Emil menyampaikan pentingnya reformasi birokrasi yang berdampak positif pada percepatan investasi, penurunan kemiskinan, dan pengurangan angka pengangguran. Kunci utama dalam proses ini adalah inovasi. Kurniawan Hary Putranto, Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, melaporkan bahwa pameran ini berlangsung selama tiga hari dan melibatkan berbagai sektor, termasuk penganugerahan Penghargaan Pelayanan Publik 2023 dalam kategori Top Inovasi Terpuji, Reformasi Birokrasi, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Layak Berpredikat Wilayah Bebas Korupsi, dan Budaya Kerja CETTAR. Pemerintah Kota Surabaya merupakan salah satu partisipan yang berkontribusi dalam mensukseskan pameran ini. Dalam pameran ini Pemerintah Kota Surabaya berhasil mendapatkan anugerah Budaya Kerja CETTAR.
Selain pameran, rangkaian kegiatan lainnya melibatkan inovasi pelayanan publik, talkshow, pemeriksaan kesehatan gratis, bazaar sembako murah, serta layanan administrasi kependudukan, seperti KTP, KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Identitas Kependudukan Digital (IKD), Kartu Identitas Anak (KIA), perpanjangan SIM, SKCK, penerbitan NIB, dan pembayaran PBB dan pajak kendaraan. Diah Natalisa, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB, menekankan bahwa Presiden Joko Widodo menganggap inovasi sebagai kunci transformasi, energi untuk menciptakan perubahan, solusi untuk mengatasi permasalahan, dan modal untuk bersaing. Harapannya, Jawa Timur terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya Pemerintah Kota Surabaya.